Sunday, April 7, 2013


Tujuan Mempelajari Ilmu Alamiah Dasar

Pengertian
Pengertian matematika sangat sulit didefinsikan secara akurat. Pada umumnya orang awam hanya mengetahui  satu cabang matematika elementer yang disebut aritmatika atau ilmu hitung yang secara informal dapat didefinisikan sebagai ilmu tentang berbagai bilangan melalui beberapa operasi dasar: tambah, kurang, kali dan bagi. Matematika sendiri berasal dari bahasa yunani adalah studi besaranstrukturruang, dan perubahan. Sedangkan ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar itu sendiri hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.
Ilmu Alamiah Dasar dapat juga diartikan sebagai pengetahuan dasar manusia dalam mempelajari alam semesta secara universal. Ilmu Alamiah Dasar dikatakan sebagai konsep awal terbentuknya Ilmu Pengetahuan Alam dan semua turunannya, seperti Biologi, Fisika dan Kimia. Ketiga Ilmu tersebut juga memiliki turunan lagi. Ilmu Alamiah Dasar merupakan Disiplin Ilmu yang bersifat relatif dan dapat berubah sesuai kemajuan peradaban manusia.


Keterkaitan Antara Matematika dan IAD dengan Psikologi
           
            Matematika adalah ilmu eksak yang berkaitan dengan perhitungan dan angka-angka, IAD berkaitan dengan ilmu yang mengkaji gejala-gejala di alam semesta, dan Psikologi ialah ilmu yang mempelajari tentang manusia mengenai kejiwaan, perilaku dan perkembangannya.
            Jadi dari hal tersebut dapat kita lihat bahwa keterkaitan diantara ketiganya ialah di dalam IAD tidak bisa dilepaskan pula dari ilmu sosial yang mempelajari mengenani tingkah laku serta interaksi antar manusia dimana Psikologi juga mempelajari hal tersebut, sehingga kedua ilmu tersebut sangat berkaitan dan berjalan bersamaan. Sementara kaitannya dengan Matematika adalah bahwa tingkah laku dan interaksi manusia tersebut dapat dijelaskan secara logika dimana ilmu Matematika merupakan ilmu eksak atau ilmu pasti yang tentunya menggunakan logika sebagai prinsip dasar.

Tujuan Mempelajari Matematika dan IAD
            Jika dilihat dari kaitannya dengan ilmu psikologi maka dapat diambil kesimpulan bahwa ilmu Matematika dan IAD dapat digunakan dalam ilmu Psikologi sebagai alat atau metode di dalam menjelaskan gejala tingkah laku atau interaksi manusia berdasarkan pemikiran logis yang tentunya sesuai dengan fakta yang ada. Sehingga dengan adanya ilmu ini, Psikologi yang merupakan ilmu sosial dapat lebih digambarkan dalam pemikiran yang logis dan dapat dengan mudah diterima akal pikiran manusia.



No comments:

Post a Comment