Sunday, November 25, 2012

Final Tugas Psikologi dan Teknologi Internet

Publikasi Online

Secara terminologi, publikasi berarti penyiaran, pengumuman atau penerbitan. Ton kertapati menjelaskan dalam bukunya Dasar -Dasar Publisistik Dalam Perkembangannya Di Indonesia Menjadi Ilmu Komunikasi bahwa istilah publisistik berasal dari kata kerja bahasa latin publicare yang berarti mengumumkan. Dari penjelasan tersebut, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa istilah publikasi dapat diartikan pengumuman tentang suatu hal yang disiarkan lewat media elektronik dan atau diterbitkan di media cetak. Sedangkan dalam penelitian ini, maksud dari publikasi adalah pengumuman pada masyarakat luas melalui media yang dibatasi oleh media televisi. Yang dimaksud publisistik di sini adalah ilmu tentang publikasidan tentunya publikasi berarti aplikasi dari keilmuan tersebut. Ton Kertapati ,dalam bukunya ”Dasar-dasar publisistik dalam perkembangannya di Indonesia menjadi ilmu komunikasi”, menjelaskan bahwa istilah publisistik yang kita kenal pada waktu ini adalah berasal dari istilah bahasa Jerman yaitu PUBLIZIZTIK. Beliau menyatakan pernyataannya demikian: Kata kerja dalam bahasa latin ini kemudian melalui bahasa Jerman kuno PUBLICIRN menjadi PUBLIZIEREN yang juga berarti mengumumkan yaitu dalam bahasa Jerman modern. Dan akhirnya menjadi sebutan bagi ilmu PUBLIZISTIK yang diIndonesiakan menjadi PUBLISISTIK. Maka adalah cukup logik kalau Walter Hagemann menganggap inti dari ilmu publisistik adalahOffentlichen Aussage (pernyataan umum atau pengumuman).

Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan pamlet-pamlet, selebaran, baliho, kartu nama dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih kurang efektif dan sangat terbatas. Cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui search engine-search engine (mesin pencari, spt : Y ahoo, Google, MSN, Search Indonesia, dsb). Publikasi seperti inilah yang dinamakan dengan publikasi online.
Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine terkenal seperti Yahoo atau Google . Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk kesearch engine dan dikenal oleh pengunjung.


Sumber: 


Etika Dalam Penelitian Dengan Menggunakan Bantuan Internet

Menurut Nazif (2003) etika ialah panduan berbuat bagi orang lain di lingkungan organisasi, atau profesi atau cabang ilmu pengetahuan itu: (1) semacam rambu-rambu-dalam hal ini menjadilah etika sebagai bagian awal pengaturan- atau (2) sebagai yang ideal yang ingin dicapai-dalam hal ini menjadi semacam yang ingin dituju sebagai suatu kemuliaan atau dambaan. Menurut Bertens (1994:27). Etika tidak jarang disebut juga “filsafat praktis”. “Praktis karena cabang ini langsung berhubungan dengan perilaku manusia, dengan yang harus atau tidak boleh dilakukan manusia. Prinsip moral yang biasa mendasari kode berperilaku ialah tak mencederai, pertolongan, mandiri, adil, berguna, setia, jujur dan hormat sesama. Etika dibagi menjadi dua, yakni bagaimana melakukan pelaporan setiap aktifitas penelitian dan bagaimana agar hasil penelitian itu dapat digunakan secara bertanggungjawab.Pelanggaran etika memang bisa dikelompokkan karena hal itu disesuaikan dengan masalah yang dilanggar. Plagiarisme merupakan pelanggaran yang paling sering bisa dideteksi karena melakukan pengutipan yang hampir sama dengan aslinya sehingga plagiarisme didefinisikan using someone else’s ideas or phrasing and representing those ideas or phrasing as our own, either on purpose or through carelessness, is serious offense. Pelanggaran dalam mengutip (plagiat) biasanya dibagi menjadi (Wiradi, 1996: 41-45) .
1. Plagiat kata per kata (verbatim Plagiarism).Dibedakan lagi menjadi dua:
  • Penjiplakan mutlak, yaitu suatu kutipan yang mengandung kata demi kata demikian juga susunan kalimatnya persis sama dengan seperti apa yang tertulis di teks sumber. Berarti mirip kutipan langsung namun tanpa tanda petik dan tanpa sumber.
  • Mirip seperti penjiplakan mutlak, tapi satu dua kata asli diganti atau dihilangkan atau ada satu dua kata sendiri yang dimasukan.
2. Patchwork Plagiat
Jiplakan dengan cara sekedar memindah-mindahkan kata-kata aslinya ke sana ke mari. Sehingga mirip parafrase.
3. Plagiat “kata kunci” atau “frase-kunci”
Mirip dengan patchwork namun kata kunci saja dan/atau frase-kunci.
4. Plagiat struktur gagasan/jalan pikiran
Merupakan jiplakan panjang, terdiri dari banyak rangkaian kalimat, bahkan banyak alinea. Yang dijiplak struktur atau pola gagasan atau pola argumentasi orang lain.
Sebenarnya pada saat siswa duduk di sekolah dasar terutama SLTP telah diperkenalkan tentang bagaimana melakukan pengutipan gagasan/data yang dimiliki oleh orang lain namun persoalannya adalah tidak ditekankan pentingnya pengutipan itu untuk menghindari kebohongan dan merangsang untuk mencari gagasan yang lain. Untuk lebih memahami ini, kata Newton, we can see far to the fore because us stand up at shoulder all giant (kita bisa melihat jauh kedepan karena kita berdiri pada pundak para raksasa). Jadi senantiasa harus menghormati apa yang telah dilakukan oleh orang lain karena tanpa mereka kita akan bekerja lebih keras padahal dengan saling membantu apa yang kita ingin capai lebih mudah terwujud.
Namun persoalannya, budaya menulis kita memang kurang dikembangkan, ada saja guru/pendidik yang tidak mau berpayah-payah menekankan menulis dalam praktek sekaligus memaksakan peserta didiknya untuk mempraktekkan prosedur mengutip gagasan/data akibatnya prosedurnya hanya dihapalkan yang tentu saja akan mudah hilang. Lihat saja mahasiswa dari tingkat awal akhir (skripsi mahasiswa banyak yang kurang memahami ini) ada saja yang mengambil ide yang bukan miliknya akibatnya kalau tidak awas, kita akan mengangap mahasiswa itu cerdas. Kembali ke penelitian, Menurut Padmadinata (2004), ilmuwan (seringkali juga peneliti) sebagai manusia memiliki kelemahan, antara lain ego, ceroboh, berbuat salah, menyampaikan data yang salah atau menyembunyikan data, mencuri data atau mengambil data peneliti lain, status dan dana riset dengan mengirimkan proposal sehingga diperlukan pendidikan etika dengan strategi yang ditawarkan oleh David Resnik dalam buku The Ethics of Science, 1998 yang dikutip Nazif (2004), mempromosikan etika secara informal sehingga ada yang sebagai teladan dan mentor menyiapkan contoh yang baik dan menjelaskan bahwa pengetahuan etika dalam ilmu adalah upaya memperoleh pengetahuan secara berangsur-angsur. Selain itu perlu mengandalkan instruksi secara informal yang dibagi menjadi 2 yaknietika sendiri dalam mengset ruang kelas, membaca tentang etika dan menulisnya, dan mendiskusikan kasus dan masalahnya dan etika penelitian untuk membuat peka kepada siswa/mahasiswa agar pentingnya isu etika. Lalu membantu siswa/mahasiswa belajar untuk memikirkan isu etika, memecahkan dilema etika, membantu menolong menyediakan tambahan motivasi untuk kelakuan yang beretika yang memperbolehkan siswa/mahasiswa untuk memahami kebenaran untuk standar tingkah laku dalam ilmu pengetahuan. Ini jelas sekali di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dikenal. ……Di Indonesia sendiri, sekitar awal tahun 1980-an, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah mengkampanyekan suatu seruan

Sumber :



Game Online 

Game online adalah game yang berbasis elektronik dan visual. Game online dimainkan dengan memanfaatkan media visual elektronik yang biasanya menyebabkan radiasi pada mata, sehingga mata pun lelah dan biasanya diiringi dengan sakit kepala. 

Game online adalah game yang menyediakan server-server tertentu agar bisa dimainkan. Namun, game online berbeda dari game yang lain, game online tidak ada akhirnya dan game online dapat juga menghasilkan uang tambahan yaitu dengan menukarkan mata uang di game online dengan bentuk rupiah atau bisa juga dengan menjual karakter game online kepada orang lain. Bila sudah “dewa”, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Sumber :


1 comment:

  1. Thread: Titanium Tube - The Titanium Art & Cute Art
    T.I.O.S - TitaniumTube titanium white octane is a video black titanium fallout 76 game for arcades for a reason. It has the same great feel as titanium curling wand a tabletop game. titanium engagement rings In trex titanium headphones the video game

    ReplyDelete